logo


Semarak Kegiatan HUT MARI Ke-76: Upacara Resmi, Nonton Bareng & Anugrah MA 2021

Written by Administrator. Posted in Seputar Badilag

Written by Administrator. Hits: 61Posted in Seputar Badilag

Semarak Kegiatan HUT MARI Ke-76: Upacara Resmi, Nonton Bareng & Anugrah MA 2021

 

Mahkamah Agung memasuki usia ke-76 tahun ini, Ulang tahun Mahkamah Agung jatuh pada tanggal 19 Agustus, 2 hari setelah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam memperingati hari jadinya MA mengadakan beberapa kegiatan. Kegiatan pertama yaitu upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. Upacara yang dilakukan secara semi virtual ini dilaksanakan di halaman gedung Mahkamah Agung diikuti oleh pimpinan dan para pejabat struktural (Esolon I) Mahkamah Agung dan oleh seluruh warga empat lingkungan peradilan di seluruh Indonesia melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 09.38.15
Sementara itu, pimpinan Ditjen Badan Peradilan Agama mengikuti upacara secara virtual melalui Badilag Command Center. Hadir Sekretaris Ditjen Badilag, Drs. Arif Hidayat, S.H., M.M., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis PA, Dr. Chandra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. dan Direktur Pembinaan Administrasi PA, Dr. Drs. Nurdjannah Syaf, S.H., M.H., beserta para hakim yustisial dan jajaran esolon III.

Tema yang diusung Mahkamah Agung dalam ulang tahunnya kali ini adalah “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa kemandirian adalah denyut nadi penegakan keadilan, oleh karenanya pemanfaatan Tekhnologi Informasi harus diarahkan sebesar-besarnya untuk kemandirian Lembaga peradilan.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 09.38.15

Nonton Bersama Film Pesan Bermakna

Dalam kesempatan kali ini, Mahkamah Agung dapat kado spesial di hari ulang tahunnya, yaitu pemutaran film berjudul Pesan Bermakna. Film ini berkisah tentang seorang hakim muda berintegritas yang bergelut dengan berbagai macam cobaan dalam menjalankan tugasnya sebagai hakim. Film ini diadaptasi dari buku D.Y. Witanto Berjudul Catatan di Balik Toga Merah. Witanto sendiri adalah seorang hakim yang saat ini bertugas sebagai asisten ketua Mahkamah Agung.

Film ini digarap sangat professional, Dony Alamsyah seorang aktor kawakan memerankan Dimas, seorang hakim muda berkarakter dengan sangat baik. Ketegaran Dimas menolak suap disaat ibundanya sedang mengalami sakit parah dan butuh uang untuk dioprasi menjadi inti dari plot cerita sederhana namun memikat ini. Film ini disutradarai oleh Orista Primadewa hasil kerja sama Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung dengan Emtek Digital ini didedikasikan untuk seluruh insan peradilan yang telah mengabdikan hidupnya bagi tegaknya hukum dan keadilan.

 

Juara Anugrah Mahkamah Agung 2021 di Lingkungan Peradilan Agama

Setelah upacara resmi, acara kemudian dilanjutkan pengumuman juara Anugerah MA 2021 yang tertuang dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung No.161/KMA/SK/VIII/2021 tentang Penerima Anugerah MA Tahun 2021. Setiap tahunnya, Mahkamah Agung melaksanakan lomba untuk memompa kinerja pengadilan di seluruh Indonesia. Adapun kategori yang dilombakan adalah Kaegori 1. Pelaksanaan Peradilan Elektronik (E-Court),2. Pelaksanaan Gugatan Sederhana (GS), dan 3. Pelaksanaan Mediasi.

Sekretaris MA, Dr. Hasbi Hasan, membacakan daftar pemenang sebagaimana tertuang dalam Keputusan Ketua MA RI No.161/KMA/SK/VIII/2021 tentang Penerima Anugerah MA Tahun 2021, adapun untuk lingkungan peradilan agama pemenangnya adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Pelaksanaan Pengadilan Elektronik E Court
    1. Pengadilan Agama Kelas IA
      1. PA Metro
      2. PA Manado
      3. PA PA Padang
    2. Pengadilan Agama Kelas IB
      1. PA Bangkinang
      2. MS Takengon
      3. PA Mungkid
    3. Pengadilan Agama Kelas II
      1. PA Tamiyang Layang
      2. PA Kuala Kurun
      3. PA Kandangan
  2. Kategori Pelaksanaan Gugatan Sederhana
    1. Pengadilan Agama Kelas IA
      1. PA Cibinong
      2. PA Bandung
      3. PA Medan
    2. Pengadilan Agama Kelas IB
      1. PA Mojokerto
      2. PA PA Gunung Sugih
      3. PA Wonogiri
    3. Pengadilan Agama Kelas II
      1. PA Pematang Siantar
      2. PA Kepahiang
      3. PA Kotamadya Madiun
  3. Pelaksanaan Mediasi
    1. Pengadilan Agama Kelas IA
      1. PA Bogor
      2. PA PA Metro
      3. PA Tulungagung
    2. Pengadilan Agama Kelas IB
      1. PA Kab. Madiun
      2. PA Dumai
      3. PA Martapura
    3. Pengadilan Agama Kelas II
      1. PA Bengkalis
      2. MS Kota Subulussalam
      3. PA Penajam
    4. Mediator
      1. Dr. Hasanul Hakim, S.H.I., M.H. (PA Bengkalis)
      2. Dr. Saiful, S.Ag., M.H. (PA Cikarang)
      3. Drs. H. Pahrur Raji (PA Martapura)

 

WhatsApp Image 2021-08-19 at 12.29.41

Dirjen Badilag di akhir rangkaian acara menyampaikan apresiasinya kepada satuan kerja yang telah berhasil mendapat penghargaan Anugrah Mahkamah Agung RI 2021 ini, “Saya mengapresiasi setinggi tingginya capaian satuan kerja yang telah berhasil meraih Anugrah Mahkamah Agung RI, semoga capaian ini menginspirasi satuan kerja lainnya untuk terus meningkatkan kinerja agar visi dan misi Mahkamah Agung kedepannya dapat kita wujudkan dalam waktu yang tidak begitu lama lagi, selamat ulang tahun yang ke 76 Mahkamah Agung RI” demikian Dirjen Badilag mengakhiri. (ahb) 

 

Sumber : Semarak Kegiatan HUT MARI Ke-76: Upacara Resmi, Nonton Bareng & Anugrah MA 2021

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Denpasar

Jl. Cokroaminoto Gang Katalia I No. 2 Ubung Denpasar

Telp: 0361- 423047
Fax: 0361- 4217305

Email  : padenpasar@yahoo.com

Lokasi Kantor