logo


VISITASI TIM PENELITI PUSLITBANGKUMDIL MAHKAMAH AGUNG RI

Written by Administrator. Posted in Berita Pengadilan

Written by Administrator. Hits: 38Posted in Berita Pengadilan

VISITASI TIM PENELITI PUSLITBANGKUMDIL MAHKAMAH AGUNG RI KE PENGADILAN AGAMA DENPASAR


 

 

            Denpasar, 28 September 2021. Pengadilan Agama Denpasar mendapat kehormatan kunjungan tim visitasi dari Tim Peneliti Puslitbangkumdil Mahkamah Agung RI yang terdiri dari 8  orang, yaitu :

  1. Dr. Hj. Ernida Basry, M.H ( kordinator peneliti )
  2. Dr. H. Nurul Huda, S.H., M.H ( Anggota tim )
  3. Edi Hudiata, Lc., M.H.,
  4. Abdurrahman Rahim, S.H., M.H.,
  5. Suhardin S, S.H., M.H.,
  6. Magdalena, S.Kom., M.B.A.,
  7. Weldinar Sirait, S.T.,
  8. Mohd Ramadan, S.E.

            Kedatangan Tim tersebut untuk melakukan audiensi dan wawancara berkait dengan penelitan yang dilakukan tim tersebut dengan topic  Meningkatnya Perkara Perceraian di Pengadilan pada Era Teknologi Informasi. Penelitain tersebut mengambil lokasi penelitain di pengadilan negeri dan pengadilan agama di beberapa wilayah, termasuk di Pulau Bali.

            Untuk pulau Bali, tim peneliti tersebut menunjuk Pengadilan Negeri Denpasar, Pengadilan Tinggi Denpasar, Pengadilan Agama Denpasar, Pengadilan Agama Gianyar dan Pengadilan Agama Tabanan sebagai lokasi penelitian.

            Tim peneliti datang ke Denpasar pada hari Senin malam tanggal tanggal 27 September 2021 melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, dengan disambut oleh Wakil Ketua dan Sekretaris PA Denpasar, hingga mengantar ke hotel tempat tim menginap. Pagi harinya Rabu tanggal 28 September 2021, Tim tersebut datang ke  PA Denpasar, dan langsung meninjau ruang – ruang pelayanan yang ada di PA Denpasar, khususnya fasilitas ruang pelayanan mediasi.

 

 

            Acara dilanjutkan dengan audiensi dan wawancara Tim Peneliti dengan kapimpinan, hakim, karyawan serta mediator yang telah terdaftar di Pengadilan Agama Denpasar. Pertemuan tersebut dengan mengambil tempat di ruang sidang utama PA Denpasar. Ketua PA Denpasar, Drs. Amanudin, SH,M.Hum dalam sambutannya mengungkapkan selamat datang, kegembiraan dan penghargaan atas kedatangan Tim Peneliti tersebut, karena sebagai pelaku praktek peradilan,  menjadi lebih terbuka wawasan serta bisa mengetahui berbagai macam permasalahan yang ada dalam menangani perkara perceraian, Khususnya dalam pelaksanaan Perma 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

            Selanjutnya, Dr. Hj. Ernida Basry, M.H selaku kordinator peneliti dalam sambutannya menyatakakan bahwa kegiatan penelitian ini diawali dari kegelisahan dari sejumlah kalangan, baik dari internal Mahkamah Agung, maupun masyarakat luas tentang semakin tingginya angka perceraian, baik di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri di Indonesia. Tingginya angka perceraian tersebut menimbulkan anggapan pengadilan terlalu menggampangkan terjadinya perceraian. Hal tersebut bisa menimbulkan efek negatif yang berkepanjangan dalam kehidupan bermasyarakat, karena semakin banyak rumah tangga yang hancur karena perceraian, semakin besar pula potensi terciptanya generasi bangsa yang terganggu mental psikologisnya. Secara teknis peradilan, Tingginya angka perceraian tersebut disinyalir salah satunya karena pengadilan tidak maksimal melaksanakan upaya perdamaian melalui lembaga mediasi, sebagaimana diatur dalam Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

Acara dilanjutkan dengan audiensi dan wawancara dengan dipandu langsung oleh Wakil Ketua PA Denpasar,  Ahmad Rifa’i , S.Ag.,MHI. acara audiensi dan wawancara tersebut berlangsung hangat dan dinamis, dengan melibatkan 4 ( empat ) orang mediator yang terdaftar di PA Denpasar, yaitu Drs. H. Ahmad Baraas, SH,M.SI, Drs. H. Ahmad Qasim, M.Pd.I, Drs. H. Ahmad Raihan dan ibu Mayasari, S.H.

 

 

satu persatu mediator tersebut diminta untuk mengungkapkan pengalaman, keluh kesah dan masukan – masukannya terhadap pelaksanaan acara mediasi di pengadilan Agama Denpasar. Demikian pula para hakim PA Denpasar juga diminta untuk menyampaikan hal yang sama, terutama berkaitan dengan problem solving terhadap permasalahan yang ada dalam melaksanakan acara mediasi perkara perceraian ;

            Tepat pukul 12.30 WITA, acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. SEMOGA PA DENPASAR SUKSES ( hir )

 

 

           

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Denpasar

Jl. Cokroaminoto Gang Katalia I No. 2 Ubung Denpasar

Telp: 0361- 423047
Fax: 0361- 4217305

Email  : padenpasar@yahoo.com

Lokasi Kantor