logo


BIMTEK YUSTISIAL PERMASALAHAN PRAKTIK EKSEKUSI

Written by Administrator. Posted in Berita Pengadilan

Written by Administrator. Hits: 56Posted in Berita Pengadilan

BIMTEK YUSTISIAL PERMASALAHAN PRAKTIK EKSEKUSI DI PENGADILAN DITJEN BADILAG BERBASIS ONLINE

 

 

    Denpasar, 10 September 2021. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas aparat kepaniteraan di lingkungan peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial, Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI mengadakan Bimbingan Teknis Kompetensi Teknis Kompetensi Tenaga Teknis Peradilan Agama Berbasis Online (Daring), dengan tajuk BERBAGAI PERMASALAHAN PRAKTIK EKSEKUSI DI PENGADILAN.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Jumát tanggal 10  September 2021 pukul 08.00 s/d 11 WIB.  Acara tersebut wajib diikuti pimpinan PTA/ Mahkamah Syaríyah Aceh dan PA/ Mahkamah Syar‘íyah di seluruh Indonesia melalui aplikasi Zoom Meeting. Sedangkan bagi hakim tinggi, hakim, panitera dan panitera pengganti yang tidak mengikuti kajian melalui Zoom dapat mengikuti secara langsung melalui channel Youtube.

    Pimpinan PA Denpasar, Drs. Amanudin, SH,MHum juga mengikuti kegiatan tersebut melalui Media Center PA Denpasar. Disamping itu, acara tersebut juga diikuti oleh aparat PA Denpasar lainnya melalui Channel Youtube masing – masing. pada kegiatan tersebut PA Denpasar menjadi bagian yang aktif dari kegiatan ilmiah untuk meningkatkan kefahaman tentang problematika eksekusi dalam praktek peradilan agama.

 

 

    Dirjen Badilag Dr.Drs.H. Aco Nur, S.H.,M.H. mengawali acara dengan memberi sambutan dengan menyatakan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini karena masih banyaknya permohonan eksekusi  yang belum dapat dilaksanakan di lingkungan peradilan agama. Putusan adalah mahkota bagi hakim, sedangkan pelaksanaan putusan ( eksekusi ) adalah mahkota dari pengadilan. Strategi eksekusi juga harus diperluas dengan kemampuan pimpinan dalam membuka jalur kordinasi dengan lembaga lain yang berhubungan erat dengan pelaksanaan isi putusan. Selain itu Dirjen Badilag juga menekankan bahwa Pengadilan Agama harus menjadi peradilan modern yang mendunia, salah satunya dari kemampuan melaksanakan isi putusan ( eksekusi ).

     Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pokok pelaksa Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah, yang Mulia Dr. H. Amran Suadi, S.H.,M.H.,M.M.  Ketua Kamar Agama pada Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan peserta pelatihan, dipandu oleh Dr. Candra Boy Seroza, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama yang bertindak sebagai moderator.

Ketua Kamar Agama MARI selaku narasumber secara sistematis mengenai Permasalahan dalam Eksekusi di Peradilan yang harus difahami oleh aparatur peradilan, termasuk peradilan agama, yang secara garis besar terkonsentrasi pada hal – hal sebagai berikut :

  1. Jenis eksekusi yang dijalankan di pengadilan
  2. Tahapan pelaksanaan eksekusi
  3. Eksekusi yang tidak dapat dijalankan
  4. Tentang amar putusan yang kurang jelas
  5. Eksekusi harta bersama
  6. Perihal luas tanah yang berbeda dengan amar putusan
  7. Perihal eksekusi ulangan
  8. Perihal hambatan dalam pelaksanaan ekesekusi dan langkah mengatasi hambatan,
  9. Perihal Lelang
  10. Biaya Pengamanan
  11. Eksekusi Anak
  12. Eksekusi Rumah di atas milik pihak ketiga
  13. Ekeskusi kapal laut.
  14. Eksekusi Jaminan Fidusia.

      Selanjutnya, dilaksanakan diskusi interaktif narasumber dengan peserta diklat, dengan dipandu moderator. Berbagai pertanyaan, silang pendapat bahkan sharing pengalaman begitu gencar mengalir dalam diskusi tersebut. Narasumber menjawab dan memberi tanggapan satu per satu pertanyaan dan pernyataan peserta pelatihan. Oleh karena terbatasnya waktu, acara tersebut harus diakhiri pada pukul 11.00 WIB/ 12.00 WITA. Meskipun masih banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan. Ketua PA Denpasar menyatakan kepuasannya bisa mengikuti acara tersebut karena sangat bermanfaat meningkatkan pengetahuan, dan meluaskan wawasan penanganan perkara. ( hir )

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Denpasar

Jl. Cokroaminoto Gang Katalia I No. 2 Ubung Denpasar

Telp: 0361- 423047
Fax: 0361- 4217305

Email  : padenpasar@yahoo.com

Lokasi Kantor